Sabtu, 18 Februari 2012

Gunung Tanggamus di Kabupaten Tanggamus (2.100 m)

Jalur Pendakian Di Gunung Tanggamus ada 3 jalur
1. Jalur normal dimulai dari gisting
2. jalur kobra dimulai dari batu keramat lama pendakian 6 jam
3. jalur baru buatan anak Gamaspi Wanantara start dari kota agung lama pendakian 10 jam belum ada yang mencoba selain mereka.

Dari pertigaan Pasar Gisting, pendaki masih harus menempuh jarak sekitar lima kilometer untuk bisa sampai ke titik awal pendakian,  tepatnya ujung aspal . Mulai dari ujung aspal ke tempat peristirahatan pertama atau Base Camp Sonokeling terbentang jarak sejauh lebih kurang lima kilometer. Jalur pendakian pendek jalan tanah itu terjal, bahkan diselingi dua tanjakan yang berat. Kejutan perjalanan awal dibayar dengan hamparan perkebunan sayur. Sejauh mata memandang, perkebunan
kol, tomat, cabai, dan terung mendominasi sebelum menuju base camp sonokeling( merupakan selter pertama ) sebelum pintu rimba. Lokasi air ga begitu jauh dari base camp
Biasanya pendaki mengunjungi kuncen yang berada di selter sonokeling yang bernama mbah Di ( Nb : silahtuhrahmilah sebelum mendaki ga da salahnya kan )
Dari sonokeling ke pintu rimba jarak tempuh 15 menit. Gerbang rimba sampai puncak kurang lebih 3 jam setengah (standar perjalanan) di tengah perjalanan akan menemukan sumber air kedua di sebelah kiri jalur pendakian tapi hanya terisi pada musim hujan.
1 jam sebelum mencapai puncak kita akan menemukan tebing dan memerlukan alat bantu seperti webbing untuk membantu karena jalur berupa tebing batuan yang licin kurang lebih 5 meter.
Disarankan membawa air dari base camp sonokeling kurang lebih 6 liter per orang.
Jalur setelah tebing lumayan sulit. Kita harus melewati akar pohon,bahkan kita dipaksa untuk merayap melewati bawah pohon, bahkan sering kita jumpai pohon tumbang. Sebelum puncak biasanya kita akan melewati genangan air. Barulah kita sampai puncak.
Puncak.
Puncak digunakan tempat untuk nge camp/ bermalam dan di puncak kurang lebih bisa didirikan max 3 tenda.