Selasa, 07 Februari 2012

MAPALA UNILA PERSIAPKAN TIM EKSPEDISI PUNCAK ELBRUSS-RUSIA

Bangunlah jiwanya, Bangunlah badannya Untuk Indonesia Raya, Kutipan dari Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, menjadi inspirasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Lampung (Mapala Unila) yang berencana mengadakan ekspedisi ke Puncak Gunung Elbrus–Rusia, di Kawasan Pegunungan Kaukasus Benua Eropa, untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Elbruss yang tertinggi di Benua Eropa. Saat ini Mapala unila telah membentuk panitia besar dengan nama Indonesian Siger Expedition 2012, yang diketuai oleh Didi Aryadi (Teknik Sipil’08). Selama Bulan Februari hingga Bulan April 2012, Tim Training Centre (TC) akan menyeleksi calon-calon atlet yang akan dipilih sebagai tim ekspedisi yang berjumlah 5 orang yang terdiri dari 4 (Empat) pendaki putra dan 1 (Satu) pendaki putri.

Tim ekspedisi Mapala Unila akan dilatih khusus oleh pelatih fisik yang direncakan berasal dari Brigif 3 Marinir, Piabung. Sedangkan untuk pelatih pendakian gunung es, Mapala Unila akan bekerjasama dengan pendaki senior Indonesia yaitu Ripto Mulyono (Mapala Universitas Indonesia). Sebagai persiapan awal adalah melakukan pengurusan surat rekomendasi dari berbagai unsur Muspida di Provinsi Lampung, seperti Rektor Universitas Lampung, Gubernur, Kapolda, Kapolresta, Danrem 043 serta beberapa instansi pemerintah pusat di Jakarta seperti Departemen Luar Negeri, Mendagri, Kapolri, Menegpora, Dikti, Mendiknas, FPTI Pusat, KONI Pusat serta Dirjen Pajak RI untuk mendapatkan bebas biaya fiskal.

Indonesian Siger Expedition Mt. Elbruss 2012, merupakan rangkaian dari Program Seven Summits (Tujuh Puncak Dunia), yang telah ditetapkan dalam Program Kerja Mapala Unila 2011-2012 dalam Musyawarah Besar XIX. Sebelumnya pada Tahun 2007, Mapala Unila telah berhasil mencapai Puncak Carstensz Pyramid (4.884 Mdpl) yang terletak di Pegunungan Sudirman, Papua. Puncak Carstensz Pyramid (4.884 Mdpl) merupakan puncak tertinggi di Lempeng Benua Australasia-Oceania menurut teori pendaki legendaris dunia Dick Bass (USA).

Tim ekspedisi ditargetkan akan berangkat menuju Moscow, Rusia pada Tanggal 25 Oktober 2012 dan direncanakan Summit Attack Puncak Elbruss (5.642 Mdpl) pada Tanggal 10 November 2012, yang bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional Republik Indonesia. Selain melakukan pendakian, Tim Ekspedisi Mapala Unila direncanakan mengadakan kegiatan di Moscow State University, yaitu Lampung Expo Ecotourism. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata alam dan budaya yang ada di Provinsi Lampung, dikalangan mahasiswa yang ada di Moscow State University, bekerjasama dengan KBRI di Moscow.

Dengan diadakannya ekspedisi ini, mengharapkan kirannya seluruh pihak baik pemerintah daerah, kota, kabupaten serta pihak swasta, kiranya dapat membantu agar kegiatan tersebut agar dapat telaksana dengan baik.